Baca Komik Horor

Chapter 1 Chapter 2 Chapter 3 Chapter 4 Chapter 4b Chapter 5

Selasa, 06 Januari 2009

Jurus Mengalahkan Diri Sendiri

Kadang kita kurang menyadari ketika sudah terjun dalam dunia persaingan. Walaupun saat itu kita telah berhasil mengalahkan lawan-lawan kita. Tapi sudahkah kita mengalahkan diri kita sendiri? Apakah kita sudah mampu menguasai diri? Belum kan? Mengalahkan diri sendiri berarti menguasai hawa nafsu pada diri kita. Entah itu nafsu makan, amarah, harta, tahta, wanita, bahkan nafsu untuk membunuh sekalipun. Hal yang dapat membentengi kita dari berbagai macam jeratan nafsu yang menyesatkan adalah iman.

Namun kita tidak bisa mengukur kadar iman seseorang, termasuk orang-orang awam seperti kita yang kurang begitu mengerti apa-apa yang diperintahkan dan yang dilarang oleh Tuhan. Kita lihat saja orang-orang yang duduk dalam dunia politik. Mereka kerap menghalalkan segala cara demi menjatuhkan lawan-lawannya seakan tidak mempedulikan norma-norma keagamaan (cara seperti ini tidak ada dalam kamus Burning Knight). Mereka seperti lupa bahwa ada surga dan neraka, tempat dimana kelak mereka berada. Kalau adu mulut dirasa belum cukup, maka senjata terakhir yang keluar adalah adu jotos. Itu membuktikan mereka belum mampu mengalahkan diri mereka sendiri (self control).

Jadi, mengapa kita harus mengalahkan diri sendiri? Begini, dalam diri kita pasti mempunyai sisi jahat dan sisi baik alias punya dua kepribadian. Kadang kita terlalu mudah marah jika mendengar kata yang tidak mengenakkan. Terkadang pula kita akan merasa iba bila melihat orang yang sedang kesusahan ( kalau yang ini sih manusiawi). Dengan menyadari semua itu kita bisa tahu kondisi kejiwaan kita yang sebenarnya. Dengan begitu kita bisa lebih mawas diri dan berusaha mengontrol diri kita. Lalu semudah itukah? Memang, sulit rasanya jika belum mengetahui prakteknya. Lalu bagaimana solusi agar bisa mengatasinya? Tanpa berbelit-belit lagi, kita akan mengetahui jurusnya dari pahlawan kita, Burning Knight!

Hiaaaat…! Gawat! Musuhku kali ini sangat berat dan tangguh, karena dia adalah diriku sendiri. Dengan semangat yang membara bagai bara api, akan kukeluarakan jurus rahasiaku. Simak ceritanya baik-baik ya…! Awas jangan sampai lengah, atau kau akan kalah!

Cerita ini bermula ketika aku memperoleh karunia Ilahi yaitu ilmu bernama ‘imajinasi’. Dengan ilmu inilah aku berhasil mengalahkan diriku sendiri (wow, kok bisa?). ya, aku termasuk golongan orang yang tempramental, mudah tersinggung, mudah marah, mudah emosi dan mudah-mudahan… (apa maksudnya?). karena aku termasuk orang yang kuper alias kurang pergaulan (itu dulu, kalau sekarang alhamdulillah masih), yang selalu menghabiskan waktu di rumah saja. Setiap kali aku diolok-olok, diejek, atau bahkan dimaki seseorang, hatiku langsung berkobar. jengkel penuh rasa marah (semua orang pasti juga begitu) rasanya ingin menghajar orang itu.

Ups, tunggu dulu. Mumpung masih sadar, aku harus segera mencari solusi karena terbakarnya hati dari api kemarahan dan harus secepatnya diredam sebelum menjalar ke tangan dan kaki. Saat itulah kugunakan ilmu imajinasi untuk menangkalnya dan Duaaaaarrrr….!(tiba-tiba aku sudah berada di dunia imajinasi). Aku berubah menjadi Burning Knight (kira-kira persis seperti yang ada di foto). Kukeluarkan pedang apiku. Kuhajar dia tanpa ampun. Kulumat, kulempar, kutendang dan kuapakan saja sesuai selera hingga aku puas sampai ia bertekuk lutut tanda menyerah dan meminta maaf. ….Duar! akhirnya aku kembali kewujud semula dan kembali kedunia nyata. Tensi darah sudah mulai menurun. Urat saraf kembali merenggang. Puas rasanya karena telah berhasil melampiaskan amarah walau itu terjadi di dunia khayalanku. Aku telah berhasil mengalahkan setan yang melekat pada sisi jahatku yang hampir saja mencelakakanku. Andai saja tadi aku keburu kehilangan akal sehatku, mungkin situasinya akan lain dari yang sekarang (bisa dibayangkan sendiri).

Rintangan pertama sudah berhasil aku lalui, walaupun masih banyak cobaan menanti (begitulah manusia. Allah akan selalu memberikan cobaan pada hamba-hamba-Nya untuk menguji sejauh mana keimanan kita).

Begitulah cara Burning Knight menangkal sisi jahatnya. Walaupun cara ini kurang efektif bagi kebanyakan orang, tetapi apa salahnya jika dicoba. Mungkin akan lebih mudah jika sudah terbiasa. Asalkan punya daya imajinasi yang kuat dan pandai berhayal, semua orang pasti bisa, walaupun tidak bisa menggambar seperti Burning Knight (siapa sih yang tidak bisa berhayal? Orang bodoh aja bisa!, Seperti aku). Kalau jurus Burning Knight terlalu sulit buat kamu, banyak kok alternatif yang lainnya.

Pertama, saat menghadapi lawan yang menjengkelkan, usahakan menghindar. Tak apa dikatakan pengecut. Ini lebih baik dari pada cari masalah. Kedua, seperti yang diajarkan Islam, yaitu segeralah berwudlu untuk meredakan amarah. Kok pakai wudlu segala? Bukannya wudlu kalau hendak mau shalat?. Jawabannya cukup rasional. Marah itu ditimbulkan dari setan. Setan itu diciptakan Allah dari api. Api bisa kita padamkan dengan air. Air bisa kita peroleh dengan cara kita berwudlu. Insya Allah cara ini berhasil karena murni ajaran dari Rasulullah.(maaf, pembahasan jadi meluas kemana-mana.)

Jadi, sekali lagi pada intinya adalah tergantung dari diri kita masing-masing. Entah mau memakai jurus yang mana saja asalkan tidak melanggar hukum. Dengan imajinasi, kamu bisa berubah jadi apa saja (asal jangan menjadi Tuhan kayak Lia Eden. Benar-benar kebablasan tuh orang kalau berhayal). Bisa saja kamu berhayal menjadi super hero pujaanmu seperti Spiderman, Naruto, Son goku, dll. Atau kamu bisa berhayal menjadi super hero karanganmu sendiri seperti Burning Knight milikku (kamu boleh pinjam kostumnya kalau mau, tapi dikembalikan ya!). Kalau kita sudah terbiasa melakukannya, tentu hasilnya akan menyenangkan dan baik untuk menyongsong kehidupan kita.

Bagiku, imajinasi adalah sebuah Anti Virus (kayak computer aja) yang bisa menangkal berbagai macam virus kehidupan yang bisa merusak hati dan kepribadianku yang polos ini dimasa mendatang (he…he…). Dan yang terakhir, marilah kita tingkatkan rasa keimanan kita. Kita didunia cuma sesaat dan kelak kita kekal di akhirat. Renungkanlah…!

2 komentar:

  1. terima kasih sangat membantu.

    satu lagi hal yg gue sadari adalah (TERNYATA GUE GK SENDIRIAN) hawa napsu gue sangat kuat bro.

    kadang pke cara ente (pke cara imajinasi), bedanya gue ajak ngomong tuh @iman,akal sehat,hati nurani dan hawa napsu gue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tips wudhu nya masuk akal sekali anda sangat luar biasa

      Hapus