Baca Komik Horor

Chapter 1 Chapter 2 Chapter 3 Chapter 4 Chapter 4b Chapter 5

Selasa, 12 Oktober 2010

Karya Komik “ Original” yang Pernah Kubuat


Dalam perjalanan karir ber-komik-ku, aku sudah banyak menelurkan karya-karya original plus fenomenal yang kubuat penuh emosional dan mungkin bisa menggemparkan dunia Internasional (cuma khayalanku). Namun sampai detik ini, belum ada diantara sederet karyaku yang masuk percetakan. Sayang sekali, mungkin ini karena kemalasanku, atau mungkin karena terlalu banyak ide hingga banyak karyaku yang akhirnya terbengkalai (-_-). Ini dia contoh kecilnya…

Judul : Bigdhi
Pembuatan : 2002
Tema : Total Action
Karakter : Ali, Combet, Thor, Bigdhi, dll
Episode : 17 (Tamat)

Ini adalah komik pertama yang berhasil terbit, walaupun belum masuk percetakan. Bercerita tentang makhluk masa depan yang kembali kemasa lalu dan membuat kekacauan. Monster itu bernama Bigdhi. Kekejamannya mendapat perlawanan sengit oleh para jagoan-jagoan beladiri pada masa itu. Salah seorang diantaranya bernama Ali, dialah satu-satunya orang yang mampu menandingi kehebatan Bigdhi. Walaupun isinya cuma perang-perangan, tapi cukup seru untuk diikuti.

Judul : Bigdhi 2
Pembuatan : 2003-2004
Tema : Total Action
Karakter : Fahan, Kiki, Riena
Episode : 10 (belum selesai)

Melihat antusias pembaca yang luar biasa (maklum aja, lha bacanya gratis kok), membuatku tergerak untuk membuat sekuel ke-2nya. Setelah Bigdhi berhasil dikalahkan Ali dkk. Bigdhi kembali muncul dengan wujud yang berbeda. Cerita dimulai dengan munculnya monster-monster yang datang mengacau dunia. Jagoan kita kali ini dipegang Fahan, yang meneruskan perjuangan ayahnya (Ali). Disinilah rahasia mengenai Bigdhi terungkap. Tapi sayang, penggarapan komik ini belum selesai sampai sekarang, karena terbentur dengan banyaknya kesibukan dan aktifitas lainnya.

Judul : Untittle
Pembuatan : 2005
Tema : Action
Karakter : Roziq, Dewi, Aisha, Alii
Episode : -

Komik ini bercerita tentang seorang prajurit yang hilang saat berperang dengan sekelompok pasukan bangsa siluman. Dia terpisah dengan rombongannya dan diselamatkan oleh seorang gadis cantik misterius saat terjatuh di jurang terlarang. Dalam perjalanannya pulang, dia bertemu dengan Aisha, seorang putri raja yang melarikan diri. Dari situ, petualangannya pun dimulai. Tapi sayang, komik ini belum bisa aku lanjutkan. Padahal perencanaannya sudah matang. Lagi-lagi kendalanya sama, kesibukan.


Judul : Jaka Bendo
Pembuatan : 2006
Tema : Drama, Action
Karakter : Jaka
Episode : -

Belum beres dengan komik sebelumnya, lagi-lagi muncul ide baru. Ini adalah konsep awal dari lahirnya komik ‘Santri Jaka Bendo’, namun tentu saja dengan jalan cerita yang sama sekali berbeda. Bercerita tentang seorang santri polos dan bodoh (seperti aku) namun orangnya patuh dan pekerja keras (yang ini juga). Namanya Jaka, santri yang nyantri di sebuah pondok pesantren jaman dahulu. Sejak menjadi santri, ia langsung diberi tugas mengurus ternak milik Kiainya. Dia selalu membawa Bendo yang ia gunakan untuk mencari makanan ternak. Karena itu dia dijuluki teman-temannya ‘Jaka Bendo’ (agak berbeda dengan konsep komik ‘Santri Jaka Bendo’).

Suatu hari ia ditugaskan oleh Kiainya untuk mengirimkan surat kepada sahabatnya yang tinggal di daerah yang sangat jauh. Saat perjalanan, dia bertemu dengan seorang wanita yang kelak akan menjadi jodohnya, seorang gadis cantik yang berilmu silat tinggi, namun sikapnya sangat menyebalkan. Sungguh sebuah cobaan yang berat bagi Jaka menghadapi wanita yang menyebalkan di sepanjang perjalanannya. Di sinilah kesabaran Jaka akan diuji dalam menjalankan tugasnya. Sanggupkah?

Namun sayang, komik ini juga berhenti di tengah jalan. Alasannya, tema semacam ini masih terlalu sulit bagiku. Nggambarnya juga susah. Butuh banyak latihan dan pengalaman untuk mendalami lebih jauh isi cerita ini. Lain kali akan kucoba untuk meneruskannya lagi, doakan.

Judul : Santri Jaka Bendo
Pembuatan : 2007-2009
Tema : Action, keilmuan, ubudiyah
Karakter : Jaka, Topa, Aina, Sarkali
Episode : 1 (sedang dalam pengerjaan)

Perencanaan komik ini terbilang cukup lama, karena ini adalah komik paling prestisius dari tema-tema komik sebelumnya (he..he..). Setelah lama merancang konsep awal dan mengalami kesulitan pengembangan cerita, akhirnya konsep awal kurubah dengan mengalami perkembangan seiring munculnya ide-ide baru, namun masih dalam tema ke-pesantren-an jaman dulu. Perubahan tampak pada semua karakter dan otomatis merubah jalan cerita aslinya dengan menyesuaikan kondisi sang tokoh. Tokoh utama yang semula berpostur dewasa berganti menjadi masa anak-anak. Dengan begitu, cerita bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dan usia dari mulai anak-anak sampai dewasa. Untuk karakter dan cerita bisa dilihat di Profil zakaria (Jaka).

Judul : Nurul Qolam
Pembuatan : 2009
Tema : Action, keilmuan, salaf
Karakter : ???
Episode : ???

Lagi-lagi muncul judul baru, padahal komik 'Santri Jaka bendo' belum juga kelar (aku sendiri juga heran, mungkin ini karena kebanyakan berimajinasi).
Inilah dia…! karya teranyarku saat ini yang masih dalam tahap perencanaan. Karena masih hangat, jadi belum banyak bocorannya. Bercerita tentang seorang santri yang baru masuk untuk belajar di Pondok Pesantren. Disana ia menemukan sebuah alat tulis keramat milik ulama besar yang terkenal dengan keilmuannya yang sekaligus merupakan pendiri Pondok Pesantren ‘Nurul Qolam’. He..he.., segini dulu bocorannya. Kalau kebanyakan, ntar tidak mengejutkan lagi (kan jarang-jarang atau bahkan gak pernah, ada tema ‘action’ di dalam pesantren. Mboh, aku ini orangnya memang suka ono-ono wae). Penasaran? Tunggu info berikutnya…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar